Minggu, 24 Februari 2013

Pemeliharaan Ulat Kecil

Yang dimaksud dengan ulat kecil adalah ulat yang baru mencapai instar I, II dan III. Masing-masing instar memerlukan waktu sekitar 3 hari. Perubahan dari instar I ke instar selanjutnya ditandai dengan terjadinya pergantian kulit.

Dalam pemeliharaan yang sebenarnya, perhitungan waktu dari masing-masing instar tidak tepat seperti gambaran di atas. Yang pasti, selama pemeliharaan ulat kecil akan mengalami 3 kali istirahat.

Selama berlangsungnya pemeliharaan ulat keci kiranya perlu sekali diketahui hal-hal seperti persyartan lingkungan bagi ulat kecil, pemberian pakan, perlakuan pada saat ulat istirahat, serta pembersihan dan perluasan tempat.

  • Persyaratan Lingkungan ; Pemeliharaan ulat pada instar I dan II, paling baik dilakukan pada suhu ruang 26-28 derajat celcius dengan kelembapan 80-90%. Memasuki instar ke III, suhu tempat pemeliharaannya diusahakan tetap pada suhu 26 derajat celcius dengan kelembapan 80%. Karena ukuran tubuh ulat masih kecil, maka kebutuhan oksigen masih sedikit dan udara kotor saat resparasi juga masih sedikit. Olah karena itu, pengaturan sirkulasi udara di tempat pemeliharaan belum banyak diperlukan.
  •  Pemberian Pakan ; Bagi ulat sutera, makan merupakan aktivitas penimbunan energi guna menghadapi puasa panjang, saat berbentuk pupa atau kepompong. Selain itu, pakan juga akan dibentuk menjadi benang-benang sutera sebagai pelindung pupa. Karenannya, pakan sangat berpengaruh terhadap pembentukan kokon.                                                                           Pakan berupa daun murbei dengan kualitas baik akan membuat kualitas kokon pun semakin baik. Daun murbei  yang diberikan kepada ulat harus segar, bersih dan bebas dari pestisida. Untuk pakan ulat kecil, daun diambil dari umur pangkasan sebulan. Sewaktu ulat masih dalam instar I, daun yang diberikan diambil sampai lembar 4-5 dari pucuk, memasuki instar II sampai lembar 6-7 dan memasuki instar III sampai lembar 7-8 dapat diberikan.                                      Karena ulat masih berukuran kecil, daun yang diberikan sebaiknya terlebih dahulu dirajang. Ukuran rajangan daun untuk instar I, II dan III berturut-turut adalah 0,5-1 cm, 1,5-2 cm, dan 3-5 cm. Ulat instar I kira-kira menghabiskan daun sebanyak 2 kg, instar II membutuhkan 5 kg dan instar III memerlukan 30 kg. Perkiraan kebutuhan pakan ini berlaku untuk pemeliharaan ulat dari satu boks bibit. Pemberian pakan dilakukan tiga kali sehari, yaitu pagi, siang atau malam hari.                                            

0 komentar:

Posting Komentar