Sabtu, 16 Maret 2013

Hama Ulat Sutera Tricholyga sorbillans

Gejala
Serangan pada instar IV atau sebelumnya, menyebabkan ulat mati sebelum membentuk kokon. Ulat yang terserang dalam instar V dapat menghasilkan kokon, tetapi tidak dapat membentuk pupa.

Penyebab
Infeksi ke dalam tubuh ulat terjadi melalui kulit. Lalat Tricholyga sorbillans meletakkan telurnya pada bagian tubuh ulat yang tersembunyi, dada atau lipatan kulit. Telur berwarna kuning jernih berukuran 0,7 mm. Pada bagian tubuh ulat biasa dijumpai 2-3 telur.
Setelah 2-10 hari, telur menetas menjadi larva dan menembus kulit masuk ke dalam tubuh ulat. Jika larva telah berukuran kira-kira 9-10 mm akan meninggalkan tubuh ulat, masuk ke dalam tanah dan menjadi pupa. Bentuk dewasa dari larva ini berupa lalat berwarna kuning keabuan dengan garis memanjang pada punggung dan garis melintang pada perutnya. Ukuran tubuhnya antara 18-20 mm.

Penanggulangan
Untuk mencegah serangan lalat ini, jendela, pintu atau lubang-lubang lain yang terdapat di tempat pemeliharaan di pasang kawat kasa agar lalat tidak dapat masuk. Ulat yang sudah terserang segera dimusnahkan dengan cara dibakar.

0 komentar:

Posting Komentar