Minggu, 05 Agustus 2012

Usaha budidaya ulat sutera

Usaha persuteraan membutuhkan cukup banyak tenaga kerja sehingga usaha ini dapat dikatakan sebagai jenis usaha padat karya. Disamping itu, diperlukan lahan yang cukup luas untuk mendukung kelangsungan usaha tersebut.

Bertitik tolak dari kenyataan ini, sebenarnnya usaha ini sukar berkembang di negara-negara industri maju karena tenaga kerja dan lahan bukan hal mudah untuk didapatkan disana. Dinegara-negara tersebut tenaga kerja memiliki harga yang cukup tinggi dan keberadaan lahan sudah sangat terbatas oleh karena ekspansi industri.

Jadi sudah sepantasnya jika indonesia, sebagai negara berkembang, yang cukup kaya tenaga kerja dan masih memiliki lahan pendukung yang cukup luas tampil sebagai negara penghasil sutera sejajar dengan negara penghasil sutera yang lain. Usaha keras memang perlu dilakukan untuk memenuhi harapan tersebut. Karena kenyataannya, sampai saat ini usaha persuteraan di Indonesia belum berkembang. Hambatan dari kemajuan ini karena pengolahan hasil yang masih tertinggal sangat jauh dengan negara yang telah maju dalam usaha persuteraan seperti jepang.

0 komentar:

Posting Komentar