Senin, 25 Februari 2013

Pembersihan dan Perluasan Tempat pada Pemeliharaan Ulat Kecil

Ulat sutera dipelihara dalam satu tempat yang memungkinkan kotoran, sisa-sisa makanan, dan ulat menjadi satu. Pada saat tertentu, kotoran dan sisa-sisa makanan menumpuk sehingga dapat mengganggu kesehatan ulat. Karenanya, tempat pemeliharaan perlu dibersihkan. Untuk ulat instar I, pembersihan dilakukan sekali, instar II pembersihan dilakukan dua kali dan instar III dilakukan tiga kali. Lebih baik jika pembersihan tempat ini dilakukan saat tempat pemeliharaan sudah terlihat kotoran dan penuh sisa makanan.

Pembersihan tempat dilakukan dengan cara memasang jaring di atas sasak. Di atas jaring diberi daun murbei. Dengan cara ini ulat akan naik ke atas jaring untuk memakan daun murbei yang baru diberikan. Apabila semua ulat telah naik ke atas jaring, jaring berikut daun murbei diangkat. Sasak dibawahnya dibersihkan atau diganti. Setelah sasak bersih, ulat dan daun murbei ditaruh kembali di atas sasak tadi.

Pembersihan tempat dapat pula diikuti dengan perluasan tempat, karena dengan bertambah besarnya ulat, diperlukan tempat yang lebih luas. Pada instar I, ulat membutuhkan tempat sekitar 1 meter persegi, instar II memerlukan kurang lebih 2 meter persegi dan instar III sekitar 5 meter persegi. Ukuran tersebut untuk populasi ulat sekitar 20.000.

0 komentar:

Posting Komentar