Rabu, 20 Februari 2013

Penetasan Telur Ulat Sutera

Untuk menetaskan telur diperlukan suhu ruang sekitar 24-25 derajat celcius dengan kelembapan 80-85%. Dalam keadaan seperti ini telur akan menetas dalam waktu 10-11 hari. Sebelum telur menetas, akan tampak bintik gelap yang makin meluas ke seluruh permukaan telur sampai akhirnya muncul ulat kecil hitam penuh bulu. Biasanya telur menetas pada pagi hari. Jika ada sebagian yang belum menetas, tentu akan menetas pada pagi keesokan harinya.

Dari ribuan telur yang ditetaskan pasti ada kemungkinan waktu penetasaannya tidak bersamaan. Untuk menyeragamkan waktu penetasan, dapat dilakukan dengan menggelapkan tempat penetasan. Caranya, tempat tersebut ditutup dengan kain atau kertas berwarna hitam. Dalam keadaan gelap, telur yang siap menetas akan tertunda sehingga yang belum siap menetas dapat mengejar waktu penetasannya. Akibatnya, selang waktu tidak terlalu lama.

Pagi hari saat telur akan menetas, tempat penetasan dibuka. Telur dibiarkan mendapat cahaya yang cukup. Adanya cahaya ini akan merangsang ulat keluar dari telur. Apabila baru sedikit telur yang menetas, tempat penetasan ditutup kembali. Keesokan harinya tempat penetasan dibuka kembali. Bila sebagian besar telur sudah menetas, ulat-ulat kecil ini segera dipindahkan ke tempat pemeliharaan yang telah disediakan.


0 komentar:

Posting Komentar