Selasa, 29 Januari 2013

Beberapa Jenis Tanaman Murbei

Tanaman murbei yang bergenus morus ada beberapa macam. Jenis-jenis unggul yang biasa ditanam dan diambil daunnya untuk pakan ulat sutera adalah sebagai berikut :
  • Morus alba L ; di luar negeri tanam yang berasal dari China dan Korea ini dikenal dengan nama White Mulberry. Batangnya tumbuh lurus dan ramping, berwarna abu-abu agak kecoklatan. Ujung ranting muda kemerahan, begitu juga tangkai daunnya. Produksi daun termasuk banyak. Daun berbentuk hati, agak membulat pada pangkal, dan pinggirannya bergerigi. Permukaan daun mengkilap. Daun lemas dan tidak keras.
  • Morus cathayana ; Dibandingkan Morus alba, Morus cathayana ujung ranting mudanya lebih merah, begitu pula tangkai daunnya. Warna batang cokelat keputihan. Batangnya tumbuh lurus dan agak besar. Produksi daun banyak. Seperti halnya M. alba, M. cathayana memiliki permukaan daun yang mengkilat dan daun yang lemas.
  • Morus multicaulis ; Jenis murbei yang satu ini ujung ranting mudanya tidak berwarna merah melainkan kehijauan. Batangnya berwarna kelabu tua agak hijau. Arah tumbuh batang tegak lurus. Ukuran daun besar-besar dan tidak mudah layu. Produksi daun termasuk tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar